Analisis Jenis Komunikasi Yang Terjadi Dalam Kasus Papua


Berdasarkan kasus berita yang saya baca bersumber dari Tribunnews.com mengenai kerusuhan di Papua terdapat beberapa jenis komunikasi. Ada komunikasi Internal juga Komunikasi Eksternal.
Menurut pendapat saya di dalam berita disebutkan bahwa Tokoh papua Samuel Tabuni melakukan konferensi pers bersama Menteri koordinator bidang politik, Hukum ( Menkopolhukam)  Wiranto beserta beberapa tokoh wakil pemerintah lainnya dan beberapa tokoh Papua. Itu berarti terjadi jenis komunikasi yakni komunikasi Internal.
Kominukasi Internal pertama yakni komunikasi vertikal yang terjadi dari bawahan ke atasan dalam kasus ini terjadi antara Tokoh Papua Samuel Tabuni ke pemerintah yang meminta pemerintah untuk lebih memerhatikan masa depan warga Papua melalui Menteri koordinator bidang Politik, Hukum ( Menkopolhukam) Wiranto. Sedangkan kamunikasi Internal kedua yang terjadi yakni komunikasi horizontal atau komunikasi yang terjadi satu sama lain yang statusnya sama atau sejajar seperti yang terjadi diantara Samuel Tabuni dengan beberapa tokoh Papua dalam konferensi pers.
Komunikasi Eksternal yakni komunikasi yang melibatkan pihak-pihak kedua seperti melibatkan pemerintah, warga masyarakat, media dan yang lainnya. Menurut pendapat saya berarti komunikasi eksternal yang terjadi dalam kasus berita tersebut yakni komunukasi  antara warga masyarakat Papua generasi muda yang berdemo sehingga mengundang beberapa media masa untuk meliputnya.



Komentar